Berita

JAKARTA FAIR 2023

Dalam rangka memeriahkan HUT DKI Jakarta, Jakarta Fair Kemayoran kembali digelar selama 33 hari, mulai 14 Juni hingga 16 Juli 2023. Berkaca dari total transaksi penyelenggaraan Jakarta Fair tahun lalu, Marketing Director PT JIExpo Ralph Scheunemann menargetkan penghasilan tahun ini lebih dari Rp 7,5 triliun. “Transaksi kami Rp 7,5 triliun tahun lalu. Kami punya target minimum yang sama (dengan tahun lalu),” ujar Ralph saat konferensi pers di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2023). “Mudah-mudahan bisa lebih karena hari (penyelenggaraannya) berkurang enam hari,” lanjut dia.

Tema tersebut diambil mengingat perekonomian Indonesia yang mulai bangkit serta pemerataan di semua sektor industri yang membuat ekonomi dalam negeri kembali bergeliat.

“Sangat bersyukur kami hadir lagi untuk Jakarta Fair 2023. Tahun lalu bisa laksanakan Jakarta Fair di luar dugaan setelah dua tahun vakum terakhir di 2019. Acara tahun lalu berjalan dengan baik di luar ekspektasi angka di atas tahun 2019,” kata dia dalam press conference, di Pusat Niaga Ji Expo Kemayoran Jakarta, Rabu 7 Juni 2023.

“Tenant ada 2.500, ada 1.500 booth, dan yang menggembirakan adalah pembagiannya itu kurang lebih 60 persen pihak swasta. Tapi ingat UMKM itu bukan hanya UMKM dukungan pemerintah saja, UMKM swasta juga hadir di dalamnya,” ujar Ralph.

Selain pameran multiproduk dari berbagai sektor, gelaran Jakarta Fair 2023 turut menyajikan konser musik yang menampilkan sederet penyanyi dan grup band kenamaan. Di antaranya Armada, D’Masiv, Fiersa Besari, Kangen Band, Maliq n D’Essentials, Padi Reborn, Raisa, Rizky Febian, Slank, Tipe-X, dan masih banyak lainnya.

Lebih lanjut diungkap Ralph, dengan adanya event Jakarta Fair ini dapat menjadi pemantik semangat serta memberikan efek positif bagi para pelaku usaha untuk kembali bangkit dengan memamerkan produk-produk unggulannya, serta menjadi bagian penting dalam perkembangan sektor industri dan perdagangan Nasional. Tak hanya itu saja, sama seperti tahun sebelumnya, penyelenggaraan konser di Jakarta Fair akan tetap terselenggara. Namun berbeda dengan tahun sebelumnya untuk tahun ini dalam satu hari bisa menampilkan tiga musisi sekaligus.